Sunday, January 31, 2010

Check Install - Pentingkah?

. Sunday, January 31, 2010

Untuk beberapa user yang udah mahir, mungkin tidak terlalu memerlukan software ini. Tapi, untuk newbie seperti saya yang kadang kesulitan dalam melakukan uninstall program yang dikompile dari Source Tarball, saya rasa sangat penting.

Pembuat program ini bilang, "banyak yang menanyakan bagaimana cara meng-uninstall program yang dikompilasi dari source code, dan kadang ada beberapa programmer yang tidak menyertakan script uninstall di makefilenya (walaupun jarang hal itu terjadi)". Oleh karena hal tersebutlah, kemudian beliau membuat program CheckInstall ini.


Program ini akan melakukan installasi software yang telah di:
./configure
make

Lalu, dengan hanya mengetikkan "checkinstall" (dari direktori yang sama dimana proses kompile berlangsung), secara otomatis program yang dikompile akan terinstall dan akan terbentuk file berextensi *.tgz (untuk Slackware) untuk memudahkan proses installasi di kemudian hari sehingga tidak perlu melakukan kompile ulang seandainya program tersebut akan diinstall kembali.

Download programnya di sini:
CheckInstall (TGZ file buat Slackware).

Sejatinya paket file yang bisa dihasilkan oleh CheckInstall berupa: .rpm, .deb, dan .tgz tergantung keinginan kita maunya yang mana.

Note:
Saya pake CheckInstall hanya untuk applikasi yang tidak ada SlackBuild scriptnya.

0 comments:

:)) ;)) ;;) :D ;) :p :(( :) :( :X =(( :-o :-/ :-* :| 8-} :)] ~x( :-t b-( :-L x( =)) :ar! :-? \m/

Post a Comment

 
There was an error in this gadget

Popular Posts

TRANSLATE THIS BLOG

© Copyright 2008 - 2009 to Budiarno | Powered by Blogger with Original Template by O-OM Dot Com and Modified by Budiarno