Kaffeine H.264 Error Solution

Beberapa hari yang lalu dipusingkan oleh errornya Kaffeine ketika saya tuning ke channel tv satelit yang berformat MPEG4 (sebut saja B4U Music India di Asiasat 3). Padahal hampir saja saya berpaling dari Slackware gara-gara hal ini dan memutuskan pengen nginstall ulang Ubuntu ME 8.04 yang secara default tidak bermasalah sama sekali untuk membuka channel tersebut.

Setelah melihat apa yang terjadi lewat Terminal, ternyata masalahnya ada di H.264 - PAFF interlacing is not implemented. Saya tidak menyerah begitu saja. Masih ada google buat saya nyari bantuan. Tidak mau kalah dengan masalah yg ada, saya langsung menuju website resmi Kaffeine, dan pergi ke forum khusus membahas Kaffeine. Dari forum situ, saya temukan solusinya yang ternyata sangat simple sekali.

Kunci utamanya ternyata ada di saat kita compile Xine-lib. Saya pikir, karena Xine dan FFMpeg tidak berada dalam satu paket Slackware, otomatis xine-lib terinstall dengan konfigurasi dari Slackware yang tidak ada hubungannya dengan FFMpeg. Saya berpikir demikian, karena solusi yang diberikan oleh admin forum kaffeine adalah:

./configure --with-external-ffmpeg

Tentunya, FFMpeg sudah diinstall terlebih dahulu dengan x264 enabled. Alhasil, sekarang udah bisa nonton channel MPEG4 yang saya inginkan. Cheers to Kaffeine!

Comments

Popular posts from this blog

OpenVPN 2.2.2 Build

Perintah Dasar di Terminal Linux