Repair Grub Setelah Install Linux Mint atas Debian 12

Setelah melakukan installasi Linux Mint Virginia, saya tidak bisa boot ke Debian 12 karena GRUB tidak lagi menampilkan pilihan boot ke sistem operasi lainnya (termasuk Windows 10 yang masih saya simpan di harddisk). Saya tidak terlalu memperhatikan mengapa GRUB tidak secara default memilih sistem operasi lain untuk multiple boot di saat installasi Linux Mint. Harusnya saya cari dulu tadi infonya untuk memperbaiki boot list pada GRUB.

Saat perbaiki GRUB menggunakan "chroot" di partisi Debian pun saya tidak berhasil menampilkan semua OS yang sudah saya install. Ternyata permasalahan utama ada di "GRUB_DISABLE_OS_PROBER". Seharusnya config ini saya inisiasi dulu sebelum mencoba perbaiki dengan install ulang GRUB. Config untuk GRUB_DISABLE_OS_PROBER ini ada di:

/etc/default/grub

Saya edit menggunakan 'nano', dengan membuang tanda "#" sehingga confignya menjadi:

GRUB_DISABLE_OS_PROBER=false

Setelah itu baru jalankan perintah di terminal:

sudo update-grub

Semua OS yang sudah saya install sebelumnya muncul semua.

Comments

Popular posts from this blog

OpenVPN 2.2.2 Build

Perintah Dasar di Terminal Linux

Kaffeine H.264 Error Solution